Makanan Khas Kota Pekalongan

Seputar makanan khas kota Pekalongan.

1. Nasi Megono



Kota Pekalongan terkenal dengan makanan khasnya yang disebut MEGONO, yaitu sejens lauk yang terbuat dari nangka muda (gori) yang dicincang halus dicampur dengan urapan kelapa parut dan sambal urapan (kluban). Namun dengan ramuan rempah yang lebih komplit dengan rasa sedikit pedas dan aroma bunga combrang dan irisan serai, akan menimbulkan rasa yang khas. Megono ini sangat enak dan cocok sebagai lauk sarapan pagi, cocok juga dipadu dengan lauk apapun juga. Bahkan hanya ditemani denagn tempe goreng dan sambal kecap, rasanya sangat nikmat. Di Kota Pekalongan, Megono sangat mudah dijumpai. Dari warung-warung di warung kaki lima sampai restoran besar hampir semua menyediakan Nasi Megono.

2. Tauto



Tauto Pekalongan adalah makanan khas Pekalongan sejenis Soto, hanya saja untuk Tauto bumbunya ditambah dengan TAUCHO, yaitu sejenis penyedap semacam saus yang mempunyai aroma khas dan bahan pembuatannya dari kedelai. Sebagaimana dengan umumnya Soto, Tauto juga dicampur dengan daging dan jerohan serta So'on (sohun), enak sebagai lauk nasi namun lebih enak dimakan pakai lontong. Tauto Pekalongan biasanya banyak dijumpai di warung-warung di Kota Pekalongan pada siang hari.

3. Garang Asam



Garang Asam adalah makanan sejenis Rawon, khas dari daerah Pekalongan. Tetapi untuk Garang Asam, kuahnya diberi banyak tomat, sehingga memberikan rasa asam namun segar. Garang Asam biasanya dicampur dengan daging, jerohan atau telur. Biasanya Garang Asam dimasak agak pedas, sehingga rasanya tambah nikmat. Di Kota Pekalongan, garang asam sangat mudah dijumpai di warung - warung, terutama pada siang hari.

4. Keripik Tahu



Seperti halnya tempe, tahu pun bisa dibuat keripik. Bumbu dan cara pembuatannya tak jauh berbeda. Dengan kerenyahan dan kenikmatan rasanya, membuat keripik tahu cocok untuk lauk (sebagai pengganti kerupuk) dan cocok juga untuk makanan cemilan. Keripik tahu banyak dijumpai di toko - toko makanan di daerah Pekalongan dan sekitarnya.

Sekian dulu postingan dari saya,semoga bermanfaat untuk kita semua.