Bima Sakti Utama - Seputar Pemindahan Tanah

Bima Sakti Utama -  Seputar Pemindahan Tanah  Proses pemindahan tanah dalam suatu proyek pembukaan lahan baru agaknya menjadi suatu proses yang tak dapat diloncati begitu saja. Seperti halnya prose spemdatan tanah, pengerjaan pemindahan tanah juga memerlukan bantuan alat berat karena tanpa adanya alat berat manusia tidak mungkin menyelesaikan pekerjaan tersebut dalam jangka waktu yangt cepat. Pada tulisan kali ini akan dibahas mengenai pemindahan tanah. Alasan mengapa saya memilih topic pemindahan tanah beserta alat berat pemindah tanah adalah karena baru-baru ini di dekat rumah baru saja diadakan proyek pemindahan tanah yang menggunakan alat berat super canggih, menurut kaca mata pandang saya.
Pemindahan tanah mekanis adalah pekerjaan yang berhubungan dengan kegiatan penggalian (loosening, breaking, digging), loading (pemuatan), transporting atau hauling (pengangkutan), filling atau dumping (penimbunan), leveling atau spreading (perataan), hingga compacting (pemadatan) batuan atau tanah yang menggunakan alat-alat mekanis atau alat berat yang berhubungan dengan proses pemindahan tanah. Pengertian tanah disini adalah bagian paling atas dari kulit bumi yang tergolong lunak, dan tidak begitu kompak, serta tersusun atas butiran-butiran lepas. Sementara yang dimaksud dengan batuan adalah suatu bagain dari kulit bumi yang cenderung lebih keras dan lebih kompak, serta tersusun atas kumpulan mineral pembentuk batuan-batuan tersebut.

Salah satu alat berat yang berperan dalam kegiatan pemindahan tanah alat berat earthmoving. Perusahaan penyedia mesin genset dan alat berat yang telah berkiprah selama bertahun-tahun, PT. Bima Sakti Utama, menyediakan alat berat pemindah tanah yang dikenal dengan Eartmoving merk Yutong tipe 966 H. Alat berat Eartmoving merk Yutong tipe 966 H ini saya kategorikan sebagai alat berat canggih lantaran kelengkapan dan kinerja mesinnya yang saya lihat memang canggih dan lebih unggul dibanding alat ebrat earthmoving jenis lain. Tidak seperti alat berat jenis lain, Eartmoving merk Yutong tipe 966 H adalah jenis alat berat yang ramah lingkungan.