Apakah Fungsi Partai Politik


Apakah Fungsi Partai PolitikKali ini Blogger Maros ingin posting mengenai apakah fungsi partai politik, tau nggak partai politik??? Pasti dah tau khan, dan so pasti masing-masing punya parpol kebanggaan khan?. Untuk menjawab pertanyaan tentang fungsi partai politik, maka Blogger Maros akan mengulasnya secara sederhana, berikut ulasannya.

Fungsi partai politik itu terbagi kedalam 4 fungsi yakni:

  • Pertama: sebagai sarana komunikasi politik, dalam hal ini partai politik merumuskan usulan-usulan kebijakan berdasarkan keinginan rakyat. Kemudian rumusan tersebut diserahkan kepada pemerintah agar dapat dijadikan sebagai sebuah kebijakan.
  • Kedua: sebagai sarana sosialisasi dan pendidikan politik. Partai politik berkewajiban untuk mensosialisasikan program plotiknya kepada masyarakat.
  • Ketiga: sebagai sarana rekrutment politik, dimana partai politik berkewajiban untuk melakukan seleksi dan rekruitment dalam rangka mengisi posisi dan jabatan politik tertentu.
  • Keempat: sebagai sarana peredam dan pengatur konflik. Dengan fungsinya sebagai penyerap keinginan atau aspirasi masyarakat, maka partai politik harus peka terhadap tanggapan kemungkinan konflik yang ada dalam masyarakat.
Jika keempat fungsi ini berjalan dengan baik sebagaimana mestinya, maka kekhawatiran akan munculnya konflik dan perpecahan akibat banyaknya jumlah partai politik akan bisa dihindari. Okkk semoga artikel Apakah Fungsi Partai Politik ini dapat menberikan manfaat. [ ]