Bunga Mawar

Mawar adalah suatu jenis tanaman semak dari genus Rosa sekaligus nama bunga yang dihasilkan tanaman ini. Mawar liar terdiri dari 100 spesies lebih, kebanyakan tumbuh di belahan bumi utara yang berudara sejuk. Spesies mawar umumnya merupakan tanaman semak yang berduri atau tanaman memanjat yang tingginya bisa mencapai 2 sampai 5 meter. Walaupun jarang ditemui, tinggi tanaman mawar yang merambat di tanaman lain bisa mencapai 20 meter.


Sebagian besar spesies mempunyai daun yang panjangnya antara 5-15 cm, dua-dua berlawanan (pinnate). Daun majemuk yang tiap tangkai daun terdiri dari paling sedikit 3 atau 5 hingga 9 atau 13 anak daun dan daun penumpu (stipula) berbentuk lonjong, pertulangan menyirip, tepi tepi beringgit, meruncing pada ujung daun dan berduri pada batang yang dekat ke tanah. Mawar sebetulnya bukan tanaman tropis, sebagian besar spesies merontokkan seluruh daunnya dan hanya beberapa spesies yang ada di Asia Tenggara yang selalu berdaun hijau sepanjang tahun.

Bunga terdiri dari 5 helai daun mahkota dengan perkecualian Rosa sericea yang hanya memiliki 4 helai daun mahkota. Warna bunga biasanya putih dan merah jambu atau kuning dan merah pada beberapa spesies. Ovari berada di bagian bawah daun mahkota dan daun kelopak.

Manfaat Bunga Mawar

1. Menghilangkan Jerawat
Air bunga mawar merupakan bahan pembersih alami yang kaya antioksidan dan mampu membunuh bakteri penyebab jerawat. Cuci wajah Anda dengan air hangat yang sudah dicampur dengan air mawar.

2. Perawatan Kulit
Jaga keseimbangan pH alami kulit dengan air mawar. Air mawar dapat menyeimbangan produksi sebum pada kulit. Hal ini dapat digunakan baik untuk kulit berminyak maupun kulit kering. Air mawar juga mampu melawan berbagai penyakit kulit dan eksim.

3. Kesehatan Rambut
Air mawar baik untuk kesehatan rambut karena dilengkapi dengan penyejuk alami yang dapat melembapkan. Cukup tuangkan beberapa tetes air mawar saat keramas bersamaan dengan sampo untuk menciptakan aroma khas yang wangi. Bisa juga digunakan setelah keramas, tuangkan pada rambut yang masih basah, dan pijat lembut untuk membantu pertumbuhan rambut Anda. Selain itu, air mawar juga dapat mengatasi peradangan di kulit kepala dan memberantas ketombe, nih

4. Kesehatan Mata
Mata lelah dan lingkaran gelap di bawah mata bisa diatasi dengan air mawar. Air mawar juga dapat digunakan untuk mengatasi mata merah dan meradang. Teteskan 2-3 tetes pada mata, lalu tutup selama beberapa menit untuk membersihkan mata. Lakukan secara rutin untuk menghindari infeksi mata.

5. Untuk Miss V
Tahukah Anda? Perawatan seperti spa biasanya menggunakan air mawar sebagai bahan utamanya. Hal ini dikarenakan keharuman air mawar yang khas dan bermanfaat untuk organ intim Anda. ‘Cuci’ Miss V dengan air hangat matang yang telah dicampur dengan air mawar.

6. Mengatasi bengkak pada kaki
Caranya dengan mengambil 2-3 bunga mawar lalu ditambah 30gram daun sembung setelah itu cuci bersih. Kemudian rebus dengan air 600ml lalu minum airnya selama 2 kali sehari.

7. Roseship
Rosehip ini adalah buah dari biji bunga mawar. Selain digunakan untuk bahan produk kecantikan, buah yang satu ini berhasil menurunkan tekanan darah, dan tingkat kolesterol pada tubuh manusia.

Tidak hanya bunga mawar, tanaman hias yang bisa digunakan sebagai obat tapi banyak bunga-bunga lainnya. Misalnya, bunga melati dan bunga kenanga yang sebelumnya pernah kita ulas.

Beberapa Jenis Bunga Mawar

Bunga Mawar Talitha 

macam-macam bunga mawar
Bunga mawar macam ini merupakan mawar potong jenis bunga ganda dengan warna orange. Panjang tangkainya 50-83 cm dengan diameter bunga mekar 8 cm. Permukaan daunnya bergelombang. Produksi bunga jenis ini1,7-1,8 tangkai. Kesegaran bunga dalam vas dapat bertahan hingga 7-9 hari. 

Bunga Mawar Shananda

Bunga mawar macam ini merupakan mawar potong jenis bunga ganda dengan warna pink cerah (bright pink), red purple group 66A. Panjang tangkainya 45-60 cm dengan diameter bunga mekar 9-11 cm. Produksi bunga jenis ini1,2-1,6 tangkai. Kesegaran bunga dalam vas dapat bertahan hingga 5-8 hari.

Bunga Mawar Pertiwi

Bunga mawar macam ini merupakan mawar potong jenis bunga ganda dengan warna merah muda (red purple group 65D). Panjang tangkainya 5,65-7,54 cm dengan diameter bunga mekar 8,84-9,01 cm dan durinya sedikit. Mawar macam ini tahan tanpa naungan.

Bunga Mawar Megawati

Bunga mawar macam ini merupakan macam mawar potong dengan permukaan daun bergelombang. Produksi bunga jenis ini1,3-1,7 tangkai dengan diameter bunga 9-11 cm, panjang tangkai 48,89-73,00 cm. Bunga dapat tetap segar dalam vas sampai 6-8 hari.

Bunga Mawar Putri

Bunga mawar macam ini termasuk macam mawar potong dengan jenis ganda. Permukaan daun bergelombang berwarna merah tua (dark red)/red group 46A. Produksi bunga jenis ini1,4-1,6 tangkai dengan panjang tangkai 55-105 cm dan diameter bunga 9,5-11,5 cm. Aroma bunga agak wangi dan kesegarannya dalam vas dapat bertahan hingga 8-9 hari.

Bunga Mawar Fortuna

Bunga mawar macam ini merupakan macam mawar potong yang termasuk jenis bunga ganda. Permukaan daunnya bergelombang dan aramonya agak wangi. Panjang tangkainya 47-75 cm . Mawar macam ini berdiameter bunga mekar 8,5-9,5 cm. Kesegaran bunga bertahan hingga 5-8 hari.

Bunga Mawar Rosmarun

Bunga mawar macam ini termasuk jenis bunga ganda. Mawar macam ini berdiameter bunga kuncup 1,35 cm, diamater bunga mekar 4,37 cm serta aromanya sedikit wangi. Kesegaran bunga lebih lama, terutama bunga dalam pot yaitu 56,33 hari.

Bunga Mawar Rosanda

Bunga mawar macam ini termasuk jenis bunga ganda dengan warna bunga unik dan menarik. Di bagian depan orange red group 35D, bagian belakang red group 49D. Mawar macam ini berdiameter bunga kuncup 0,90 cm, diamater bunga mekar 2,54 cm serta aromanya wangi. Kesegaran bunga lebih lama, terutama bunga dalam pot yaitu 43,63 hari. 

Bunga Mawar Cipanas Dwi Warna

Bunga mawar macam ini merupakan mawar taman jenis bunga ganda dengan warna red purple group 68 D dan 61 C. Panjang tangkainya 4,1-5,1 cm dengan diameter bunga mekar 8,5-8,9 cm. Jumlah bunga/tanaman/ bulan 1,4-2,9 kuntum. Mawar macam ini memiliki adaptasi luas.

Bunga Mawar Mega Putih


Bunga mawar macam ini merupakan mawar potong jenis bunga ganda dengan bentuk tepi petal bunga keriting. Jumlah petal 104-138 helai. Mawar macam ini memiliki tangkai bunga (neck length) kokoh sepanjang 7-8 cm, panjang tangkai total 47-85 cm. Ukuran bunga ini tergolong besar dengan diameter 9-12 cm. Diameter bunga kuncup 2,12-2,15 cm. Aroma bunga sedikit wangi (light fragrance). Kesegaran bunga 7-9 hari.